Rabu, 20 Agustus 2014

Dalam pos saya kali ini, saya akan membahas tentang beberapa tips dan trik yang saya peroleh selama saya mendapat pelatihan PATI di UMM.
Tips yang pertama, mungkin saat kita memperoleh tugas makalah, kita membutuhkan referensi dokumen seperti word, ppt, maupun berupa file pdf. Nah, trik yang saya peroleh adalah, pada saat kita akan mengetik kata kunci di search engine google atau web browser lain, kita ketik :
Filetype :doc ( untuk dokumen berupa word )
Filetype :ppt ( untuk dokumen berupa powerpoint )
Filetype:pdf ( untuk dokumen berupa pdf adobe reader )



Tips yang kedua, jika kita ingin mengedit secara bersama sama, kita tidak harus ribet dalam mengerjakannya, seperti harus mengirim email, mengunduh, membuka dan mnegedit, kemudian harus mengirimnya lagi agar teman kita dapat melihatnya dan dapat mengeditnya. Hal ini akan membuang waktu kita dan membuat kita semakin lama dalam mengerjakannya. Untuk mengatasi ini, kita dapat menggunakan aplikasi ‘GoogleDrive’. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk bekerja bersama sama dengan lebih banyak orang, waktu pengerjaan lebih cepat dan lebih efisien. Syaratnya, kita harus mempunyai akun google dan koneksi internet.
Tips yang ketiga, saat kita akan mengirim email secara pribadi, sebisa mungkin jangan menggunakan ‘CC’ karena saat kita mengisi dan akan mengirim ke lebih dari 1 alamat email, maka semua orang yang menerima email kita akan bisa melihat alamat email orang lain. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan ‘BCC’ karena hanya dengan ini orang dapat melihat alamat emailnya sendiri.


Oke teman, mungkin itu yang dapat saya sampaikan. Sedikit tips dan trik yang saya dapatkan dalam pelatihan PATI UMM 2014. Terimakasih J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar