Jurusan
ini memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalisme, serta
Komunikasi Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk
menyesuaikan dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang
komunikasi. Proses belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan
penekanan pada kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna
meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Jurusan Komunikasi menyediakan
fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang
produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun
radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis.
Sedangkan
untuk meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan
komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, studi banding, dan melibatkan
mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalam upaya
pengembangan minat dan bakat seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography Club),
HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi), dan Kine Club (Kelompok Pecinta
Sinematografi), PR Club, Journalistic Club, adalah contoh beberapa wadah aktivitas
mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional. Kegiatan
kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi sering meraih
prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards
Metro TV”, penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll. Alumni jurusan ini
banyak terserap di institusi media massa stasiun TV, radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah
dan swasta lainya.
Website:
komunikasi.umm.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar